BELAJAR ILMU KOMPUTER

Mempelajari berbagai cara dan trik mudah tentang komputer.

Kamis, 18 Mei 2017

MATERI WIRELESS ( BLUETOOTH, INFRARED, RADIO)

PENGERTIAN WIRELESS (BLUETOOTH, INFRARED, RADIO)

1. Pengertian Wireless Dan Fungsi

PENGERTIAN WIRELESS
          Dari arti kata wireless dapat dikatakan bahwa wireless adalah tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.

          Wireless LAN adalah suatu Local Area Network yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media penyaluran data pengganti kabel. Wireless LAN ini biasanya menggunakan frekuensi 2,4 GHz yang disebut juga dengan ISM (Industrial, Scientific, Medical) Band, dimana oleh FCC (Federal Communication Commission) memang dialokasikan untuk “berbagai keperluan Industri, Sains, dan Media”, jadi siapa pun dapat menggunakan frekuensi ini dengan bebas (asal tidak menggunakan pemancar berdaya tinggi).

          Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz, selain itu digunakan pula frekuensi 5,8 GHz dan 24 GHz. Frekuensi inilah yang disebut dengan Industrial, Scientific and Medical Band atau sering disebut ISM Band.



Fungsi nya sebagai berikut : 
  1. Pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI.
  2. Jarak pada sistem WIFI mampu menjangkau area 100 feet atau 30M radius. Selain itu dapat diperkuat dengan perangkat khusus seperti booster yang berfungsi sebagai relay yang mampu menjangkau ratusan bahkan beberapa kilometer ke satu arah (directional). Bahkan hardware terbaru, terdapat perangkat dimana satu perangkat Access Point dapat saling merelay (disebut bridge) kembali ke beberapa bagian atau titik sehingga memperjauh jarak jangkauan dan dapat disebar dibeberapa titik dalam suatu ruangan untuk menyatukan sebuah network LAN.
  3. Perangkat wireless untuk teknologi wireless Wi-Fi ini sudah umum digunakan dan harganya sudah menjadi relatif murah.
  4. Sebagian besar notebook tipe terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat network wireless dengan teknologi Wi-Fi ini.
  5. Area jangkauan yang lebih fleksible dikarenakan tidak dibatasi oleh jaringan distribusi seperti bila menggunakan kabel UTP maupun fiber optic. Secara teoritis dengan daya pancar 100mW sudah dapat menjangkau area (berbentuk lingkaran) 1 – 2 km didukung dengan tinggi tower yang memadai.
  6. Dengan WiFi, yang 54Mbps adalah agregat (yaitu jumlah) dari bandwidth yang tersedia dalam dua arah sehingga Anda hanya benar-benar mendapatkan sekitar 10 atau 15Mbps di setiap arah sekali overhead dibawa keluar.
  7. Memungkinkan Local Area Network untuk di pasang tanpa kabel, hal ini juga sekaligus akan mampu mengurangi biaya untuk pemasangan dan perluasan jaringan. Selain itu juga Wi-Fi dapat dipasang di area yang tidak dapat di akses oleh kabel, seperti area outdoor.
  8. Wi-Fi merupakan pilihan jaringan yang sangat ekonomis karena harga paket ship Wi-Fi yang terus menurun
  9. Produk Wi-Fi tersedia secara luas di pasaran.
  10. Wi-Fi adalah kumpulan standard global di mana klien Wi-Fi yang sama dapat bekerja di negara-negara yang berbeda di seluruh dunia.
  11. Protocol baru untuk kualitas pelayanan damn mekanisme untuk penghematan tenaga membuat Wi-Fi sangat cocok untuk alat yang bentuknya sangat kecil dan aplikasi yang latency-sensitif (contohnya : suara dan video).
  12. Network ini di design untuk punya symetric up and down speed.
Kelebihan dan Kekurangan wireless :

Kekurangan wireless, antara lain :

  1. Kualitas sinyal akan dipengaruhi oleh provokasi udara, artinya kualitas koneksi saat cuaca bagus akan berbeda  dengan kualitas koneksi saat cuaca buruk (jika digunakan diluar gedung) dan akan dipengaruhi oleh batas-batas dinding gedung.
  2. Mahal dalam investasi jika dibanding dengan menggunakan kabel.
  3. Kemungkinan penyadapan koneksi lebih besar terjadi dibanding menggunakan media kabel.
  4. Biaya peralatan mahal
  5. Keamanan data rentan
  6. Interferensi gelombang radio
  7. Delay (kelambatan) yang sangat besar
  8. Produk dari produsen yang berbeda kadang-kadang tidak kompatibel.

Kelebihan Wireless, antara lain :
  1. Biaya pemeliharaan murah
  2. Pembagunan jaringan cepat
  3. Mudah dikembangkan
  4. Mudah dan murah untuk direlokasi
  5. Infrastruktur berdimensi kecil
  6. Berbagi sumber file dapat dipindah-pindahkan dengan mudah tanpa menggunakan kabel.
  7. Mudah untuk di-setup dan handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor atau di rumah.

BLUETOOTH

PENGERTIAN BLUETOOTH

         Bluetooth adalah suatu teknologi komunikasi wireless yang memanfaatkan frekuensi radio ISM 2.4 GHz yang memungkinkan dua perangkat yang kompatibel untuk berkomunikasi tanpa kabel dan tidak memerlukan koneksi saluran yang terlihat untuk menghubungkan perangkat genggam secara terpisah (handphone, PDA, computer, printer, dan lain-lain) dengan jangkauan yang relatif pendek. Perangkat-perangkat genggam yang terpisah tersebut dapat saling bertukar informasi atau data dengan menggunakan Bluetooth.

Bluetooth

          Cakupan Bluetooth bisa mencapai 10 meter dan tidak terhalang flesibelitas media, berbeda dengan media lainya seperti infrared atau Wi-Fi, Bluetooth memungkinkan koneksi antar piranti elektronik apa aja dan bukan hanya computer. Bluetooth dapat dibuat membentuk PAN atar perangkat seperti computer, HP, PDA Kamera, bar-code reader, perangkat audio video bahkan sampai perangkat dapur.

          Bluetooth mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host to host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. Bluetooth dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dengan bandwidth yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.

Bluetooth adalah sebuah jaringan standar yang bekerja pada dua tingkatan:

  • Bluetooth menyediakan kesepakatan pada tingkatan fisik (bluetooth adalah standar frekuensi radio)
  • Bluetooth menyediakan kesepakatan pada tingkatan protokol, di mana sebuah produk menyetujui waktu yang sudah ditentukan dalam mengirimkan bit, berapa banyak yang akan di kirim, dan bagaimana percakapan yang berlangsung bisa di terima sesuai dengan pesan yang di kirim.
Prinsip Kerja Bluetooth

          Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron.  Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.

         Untuk menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth, perangkat harus mampu menafsirkan profil Bluetooth tertentu, yang merupakan definisi aplikasi mungkin dan menentukan perilaku umum bahwa perangkat Bluetooth diaktifkan untuk berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth lainnya. Sebelum melakukan pertukaran data, Seorang pengguna harus mengaktifkan bluetoothnya ke mode “terlacak” agar perangkat bisa dikenali oleh perangkat lain.

         Untuk melindungi peralatan bluetooth dari transmisi data yang tidak dikenal pada bluetooth disertakan metode keamanan prosedur autorisasi dan identifikasi yang membatasi penggunaan layanan bluetooth untuk melakukan registrasi untuk memutuskan apakan dia mengijinkan alat lain untuk melakukan koneksi atau tidak.


Fungsi Bluetooth :

1. Untuk Print File
masukkan deskripsi gambar disini
Mencetak atau print adalah rutinitas yang hampir setiap orang lakukan untuk menyelesaikan tugasnya. Mencetak dengan menyambungkan kabel ke laptop kamu akan sangat repot terlebih jika kabel printer tersebut pendek. Bagi kamu yang tidak ingin lagi repot-repot mencetak dengan mencolokan kabel, kamu bisa beralih menggunakan printer yang sudah support dengan Bluetooth. Kamu bisa googling sendiri mengenai printer apa saja yang sudah support dengan Bluetooth.

2. Untuk Bertukar File dengan Kamera Digital dan Handycam
masukkan deskripsi gambar disini
Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamera digital ataupun handycam kamu kepenuhan memori karena sekarang sudah tersedia banyak kamera digital ataupun handycam yang sudah support dengan Bluetooth.

3. Untuk Mendengarkan Musik Tanpa Kabel
masukkan deskripsi gambar disini
Dengan bantuan teknologi Bluetooth, sekarang kamu sudah bisa mendengarkan musik kesayanganmu tanpa perlu repot-repot lagi colok mencolok kabel. Untuk kategori ini, ada dua perangkat audio yang sudah mendukung teknologi Bluetooth saat ini yaitu Headset dan Speaker. Jika kamu ingin menyetel musik dengan suara keras dan kencang tanpa perlu repot lagi masalah kabel, kamu bisa beralih menggunakan speaker yang support dengan teknologi Bluetooth karna sudah banyak produk speaker Bluetooth yang beredar di pasaran. Sebaliknya jika kamu ingin menyetel musik dengan suara yang tenang tanpa menggangu orang lain, kamu bisa beralih menggunakan headset Bluetooth.

4. Untuk Mengoneksikan dengan Mouse dan Keyboard
masukkan deskripsi gambar disini
Apa mouse kamu memiliki kabel yang sangat panjang dan sangat menggangu? Sekarang kamu bisa menggunakan mouse tanpa repot mencolokan kabel lagi. Sudah banyak produk mouse dan keyboard yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi, sekarang kamu bisa beralih menggunakan mouse ataupun keyboard tanpa perlu repot mencolokkan kabel lagi. Untuk keyboard, selain kamu bisa mengkoneksikannya dengan laptop kamu juga bisa mengkoneksikannya dengan smartphone kamu.

5. Untuk Bermain Game dengan Gamepad
masukkan deskripsi gambar disini
Gamepad merupakan peralatan yang digunakan sebagai interface antara pengguna permainan komputer agar lebih mempermudah dalam permainan game. Gamepad yang ideal harusnya tidak menggunakan kabel karena mengurangi gerak dan fleksibilitas pemakainnya. Salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna gamepad adalah dengan menggunakan Bluetooth sebagai media penyambung ke komputer tanpa menggunakan kabel. Sekarang kamu sudah bisa bermain game tanpa harus berdekatan lagi dengan monitor.

6. Untuk Mengoneksikan dengan Proyektor
masukkan deskripsi gambar disini
Bagi kamu yang hobinya presentasi, kamu bisa menggunakan proyektor dengan jarak yang lebih jauh dengan proyektor yang sudah mendukung teknologi Bluetooth dibanding dengan proyektor dengan koneksi kabel. Bukan menjadi masalah lagi jika kamu ingin berpresentasi dengan membawa perangkat yang terkoneksi dengan proyektor.
BONUS
Untuk FUNGSI yang satu ini saya rasa cukup SPESIAL karna sebenarnya fungsi yang satu ini dapat digunakan oleh semua penggguna smartphone. Fungsi ini adalah:

7. Berbagi Koneksi Internet atau Tethering dengan Bluetooth

Tethering adalah membagi koneksi internet kepada perangkat lain, di mana perangkat yang melakukan Tethering harus memiliki akses dan terkoneksi ke internet. Secara sigkat fungsi ini dapat membagi koneksi internet kepada pengguna smartphone lain dengan syarat pengguna lain harus terhubung dengan smatphone yang berperan sebagai pusatnya.
Untuk menggunakannya dan mencobanya kamu harus siapkan satu smartphone yang sudah ada koneksi internetnya dan membuka pengaturan “Tethering and Portable Hotspot” serta mencentang Bluetooth Tethering seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya kamu siapkan smartphone satu lagi yang belum memiliki koneksi internet dan kamu lakukan cara yang sama dengan smartphone pertama tadi.
masukkan deskripsi gambar disini

 
Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth :

Kelebihan Bluetooth:

  • Bisa transfer file secara gratis
  • Biaya murah dan Konsumsi daya rendah
  • Perangkat mudah digunakan, tanpa perlu dikonfigurasi terlebih dahulu
  • Jangkauan lumayan luas yaitu sampai radius 100m selama tidak ada penghalang berupa tembok atau gangguan elektromagnetis
  • Dapat dimanfaatkan untuk multiplayer pada game-game tertentu
  • Dapat digunakan untuk transfer file dari komputer ke handphone dan sebaliknya
  • Memiliki fitur-fitur keamanan : Enkripsi data, Autentikasi user, Fast frekuensi-hopping (1600 hops/sec), Output power control. Yang menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti password dan PIN.
Kekurangan Bluetooth:
  • Kecepatan transfer bluetooth tidak tetap dan tergantung dari perangkat yang mengirim dan yang menerima.
  • Ketika melakukan transfer file, tidak jarang selain mendapatkan file, penerima juga mendapatkan virus.
  • Walaupun jangkauannya lumayan luas yaitu bisa sampai radius 100m tetapi jika ada penghalang berupa tembok atau gangguan elektromagnetis maka akan terjadi kegagalan transfer data.
  • Keamanannya terkadang sering tidak menditeksi virus sehingga dalam proses transfer data si penerima data menerima data yang sudah terserang virus.
  • Hanya dapat menghubungkan maksimum 7 perangkat

 INFRARED

PENGERTIAN INFRARED
 
          Inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio.

InfraRed (Inframerah)

Prinsip Kerja Infrared
Sebagai salah satu standardisasi komunikasi tanpa kabel. Jadi, inframerah dapat dikatakan sebagai salah satu konektivitas yang berupa perangkat nirkabel yang digunakan untuk mengubungkan atau transfer data dari suatu perangkat ke perangkat lain. Penggunaan inframerah yang seperti ini dapat kita lihat pada handphone dan laptop yang memiliki aplikasi inframerah. Ketika kita ingin mengirim file ke handphone, maka bagian infra harus dihadapkan dengan modulinfra merah pada PC.
Selama proses pengiriman berlangsung, tidak boleh ada bendalain yang menghalangi. Fungsi inframerah pada handphone dan laptop dijalan kanmelalui teknologi IrDA (Infra red Data Acquition). IrDA dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi via inframerah.


Kegunaan dan manfaat infra merah atau infrared dalam kehidupan sehari-hari

Infra merah atau infrared ternyata memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua bidang memanfaatkan infra merah atau infrared ini sebagai peralatan utama maupun penunjang dalam bekerja. Nah, bidang apa saja yang menggunakan infrared ini ? Dan digunakan untuk apa saja sebenarnya keberadaan infrared ini ? Berikut artikelnya.

Kesehatan
Mengaktifkan molekul air dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena inframerah mempunyai getaran yang sama dengan molekul air. Sehingga, ketika molekul tersebut pecah maka akan terbentuk molekul tunggalyang dapat meningkatkan cairan tubuh.
 
Meningkatkan sirkulasi mikro. Bergetarnya molekul air dan pengaruh inframerah akan menghasilkan panas yang menyebabkan pembuluh kapiler membesar, dan meningkatkan temperatur kulit, memperbaiki sirkulasi darah dan mengurani tekanan jantung.
Meningkatkan metabolisme tubuh. jika sirkulasi mikro dalam tubuh meningkat, racun dapat dibuang dari tubuh kita melalui metabolisme. Hal ini dapat mengurangi beban liver dan ginjal.
Mengembangkan Ph dalam tubuh. Sinar inframerah dapat membersihkan darah, memperbaiki tekstur kulit dan mencegah rematik karena asam urat yang tinggi.
Inframerah jarak jauh banyak digunakan pada alat-alat kesehatan. Pancaran panas yang berupa pancaran sinar inframerah dari organ-organ tubuh dapat dijadikan sebagai informasi kondisi kesehatan organ tersebut. Hal ini sangat bermanfaat bagi dokter dalam diagnosis kondisi pasien sehingga ia dapat membuat keputusan tindakan yang sesuai dengan kondisi pasien tersebut. Selain itu, pancaran panas dalam intensitas tertentu dipercaya dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit seperti cacar. Contoh penggunaan inframerah yang menjadi trend saat ini adalah adanya gelang kesehatan Bio Fir. Dengan memanfaatkan inframerah jarak jauh, gelang tersebut dapat berperang dalam pembersihan dalam tubuh dan pembasmian kuman atau bakteri.

Bidang komunikasi


Adanya sistem sensor infra merah. Sistem sensor ini pada dasarnya menggunakan inframerah sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Penerapan sistem sensor infra ini sangat bermanfaat sebagai pengendali jarak jauh, alarm keamanan, dan otomatisasi pada sistem. Adapun pemancar pada sistem ini terdiri atas sebuah LED (Lightemitting Diode)infra merah yang telah dilengkapi dengan rangkaian yang mampu membangkitkan data untuk dikirimkan melalui sinar inframerah, sedangkan pada bagian penerima biasanya terdapat foto transistor, fotodioda, atau modulasi]] infra merah yang berfungsi untuk menerima sinar inframerah yang dikirimkan oleh pemancar.

Adanya kamera tembus pandang yang memanfaatkan sinar inframerah. Sinar inframerah memang tidak dapat ditangkap oleh mata telanjang manusia, namun sinar inframerah tersebut dapat ditangkap oleh kamera digital atau video handycam. Dengan adanya suatu teknologi yang berupa filter iR PF yang berfungi sebagai penerus cahaya infra merah, maka kemampuan kamera atau video tersebut menjadi meningkat. Teknologi ini juga telah diaplikasikan ke kamera handphone

Untuk pencitraan pandangan seperti nightscoop
Inframerah digunakan untuk komunikasi jarak dekat, seperti pada remote TV. Gelombang inframerah itu mudah untuk dibuat, harganya relatif murah, tidak dapat menembus tembok atau benda gelap, serta memiliki fluktuasi daya tinggi dan dapat diinterfensi oleh cahaya matahari.
Sebagai alat komunikasi pengontrol jarak jauh. Inframerah dapat bekerja dengan jarak yang tidak terlalu jauh (kurang lebih 10 meter dan tidak ada penghalang)

Sebagai salah satu standardisasi komunikasi tanpa kabel. Jadi, inframerah dapat dikatakan sebagai salah satu konektivitas yang berupa perangkat nirkabel yang digunakan untuk mengubungkan atau transfer data dari suatu perangkat ke parangkat lain. Penggunaan inframerah yang seperti ini dapat kita lihat pada handphone dan laptop yang memiliki aplikasi inframerah. Ketika kita ingin mengirim file ke handphone, maka bagian infra harus dihadapkan dengan modul infra merah pada PC. Selama proses pengiriman berlangsung, tidak boleh ada benda lain yang menghalangi. Fungsi inframerah pada handphone dan laptop dijalankan melalui teknologi IrDA (Infra red Data Acquition). IrDA dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi via inframerah.

Bidang keruangan

Inframerah yang dipancarakan dalam bentuk sinar infra merah terhadap suatu objek, dapat menghasilkan foto infra merah. Foto inframerah yang bekerja berdasarkan pancaran panas suatu objek dapat digunakan untuk membuat lukisan panas dari suatu daerah atau objek. Hasil lukisan panas dapat menggambarkan daerah mana yang panas dan tidak. Suatu lukisan panas dari suatu gedung dapat digunakan untuk mengetahui dari zona bagian mana dari gedung itu yang menghasilkan panas berlebihann sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

Bidang Industri

Lampu inframerah. Merupakan lampu pijar yang kawat pijarnya bersuhu di atas ±2500°K. hal ini menyebabkan sinar infra merah yang dipancarkannya menjadi lebih banyak daripada lampu pijar bisa. Lampu infra merah ini biasanya digunakan untuk melakukan proses pemanasan di bidang industri.

Pemanasan inframerah. Merupakan suatu kondisi ketika energi inframerah menyerang sebuah objek dengan kekuatan energi elektromagnetik yang dipancarkan di atas -273 °C (0°K dalam suhu mutlak). Pemanasan inframerah banyak digunakan pada alat-alat seperti, pemanggang danbola lampu (90% panas – 10% cahaya)

Kelebihan inframerah dalam pengiriman data

Pengiriman data dengan infra merah dapat dilakukan kapan saja, karena pengiriman dengan inframerah tidak membutuhkan sinyal.
Pengiriman data dengan infra merah dapat dikatakan mudah karena termasuk alat yang sederhana.
Pengiriman data dari ponsel tidak memakan biaya (gratis)

Kelemahan inframerah dalam pengiriman data
 
Pada pengiriman data dengan inframerah, kedua lubang infra merah harus berhadapan satu sama lain. Hal ini agak menyulitkan kita dalam mentransfer data karena caranya yang merepotkan.
Inframerah sangat berbahaya bagi mata, sehingga jangan sekalipun sorotan infra merah mengenai mata
Pengiriman data dengan inframerah dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan rekannya Bluetooth.

RADIO

PENGERTIAN RADIO
Pengertian Radio, Gelombang Radio, Cara Kerja Radio Lengkap – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang akan menjelaskan mengenai radio. Tentu saja sudah tidak asing bagi kita jika mendengar kata radio. Karena radio merupakan salah satu alat komunikasi yang ada sejak masa penjajahan untuk memberikan sebuah berita kepada seluruh masyarakat.
Namun tidak hanya mengetahui bentuk dari radio melainkan kita akan membahas apa sebenarnya pengertian radio itu sendiri. Selain itu tidak hanya pengertiannya saja melainkan gelombang radio dan juga cara kerja dari radio akan kita bahas pada artikel kali ini. Dengan penjelasan yang akan diberikan tentu saja kita harus menyimaknya agar mendapatkan sebuah manfaat dari penjelasan yang diberikan.
Oleh karena itu mari langsung saja kita mulai pembahasannya agar para pembaca bisa langsung mendapatkan penjelasan mengenai pengertian radio dan juga gelombang radio beserta cara kerja dari radio itu sendiri. Untuk itu mari sama-sama untuk menyimak penjelasan dari artikel kali ini mengenai radio yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Radio

Radio ialah sebuah teknologi yang mana dipakai sebagai pengiriman sinyal dengan menggunakan sebuah cara modulasi dan juga dengan menggunakan cara radiasi gelombang elektromagnetik. Dan gelombang ini melintas dan juga merambat dengan melalui udara dan juga dapat merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan sebuah medium pengangkut, diantaranya seperti molekul udara.

Pengertian Gelombang Radio

Gelombang radio ialah sebuah gelombang yang memiliki frekuensi yang paling kecil atau panjang geombang yang paling panjang. Gelombang radio yang mana ada di dalam sebuah rentang frekuensi yang luas dan meliputi beberapa Hz hingga gigahertz (GHz/orde pangkat 9). Dan biasanya juga dihasilkan dari rangkaian isolator di dalam alat-alat elektronika. Dan spektrum gelombang radio yang dipisahkan dalam sebuah pita-pita frekuensi ataupun panjang gelombang.

Cara Kerja Radio

Sudah diberikan penjelasan tentang pengertian radio dan juga gelombang radio. Dan selanjutnya yang akan kita bahas ialah cara kerja dari radio. Untuk itu kita akan melanjutkan menyimak penjelasan yang akan diberikan tentang cara kerja dari radio dibawah ini.
  • Sinyal radio dipancarkan dengan menggunakan gelombang pembawa.
  • Gelombang radio yang merupakan sebuah bagian dari spektrum elektromagnetik.
  • Panjang gelombang paling panjang yang dipantulkan oleh lapisan udara yang juga berada tinggi di dalam atmosfer bumi yang disebut ionosfer.
  • Dan dengan menggunakan cara yang telah diterangkan pesan lewat radio bisa untuk dipantulkan sehingga bisa mencapai jarak yang sangat jauh.
Pengertian Radio, Gelombang Radio, Cara Kerja Radio Lengkap

Pengertian Pemancar Radio

Setelah penjelasan yang sudah diberikan, masih ada lagi penjelasan yang akan diberikan yaitu tentang pemancar radio. Pemancar radio ialah sebuah pesawat yang bisa mengirimkan berbagai macam informasi ataupun isyarat melalui sebuah udara. Yang tentu saja menggunakan sebuah gelombang elektromagnetik. Pemancar radio kemudian mengubah atau juga melakukan sebuah modulasi gelombang radio supaya bisa menyampaikan berbagai macam informasi tersebut. di dalam radio AM, ketinggian dari sebuah gelombang pembawa diubah-ubah berasarkan suara yang ditangkap oleh mikrofon.



Di dalam radio FM, frekuensi ataupun jarak diantara puncak radio yang diubah. Kemudian pesawat penerima sinyal radio yang menangkap sinyal ini, memperkuat lalu kemudian mengartikannya. Jika sinyal tersebut lemah ataupun tidak kuat radio AM bisa mengeluarkan sebuah suara seperti bunyi yang gemerisik. Oleh sebab itu radio jenis ini kemudian digantikan oleh radio FM yang mana penerimaannya jauh lebih jernih dan juga bagus.


FUNGSI RADIO

Sama halnya dengan media massa lainnya, radio juga pada dasarnya mempunyai fungsi. Seperti yang diungkapakan oleh Effendy (1993:137-138), bahwa radio siaran mempunyai 4 fungsi sebagai berikut:
1.      Fungsi penerangan
2.      Fungsi pendidikan
3.      Fungsi hiburan
4.      Sarana propaganda
Sekalipun radio siaran bersifat auditif, yang hanya bisa didengarkan,tapi bukan berarti radio siaran tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai media penerangan. Radio dianggap sebagai media yang mampu menyiarkan informasi yang amat memuaskan walau hanya dilengkapi dengan unsur audio. Radio siaran dapat menjalankannya dalam bentuk siaran berita, wawancara, editorial udara, reportase langsung, talk show dan lain-lain.
Sebagai media pendidikan, radio siaran merupakan sarana yang ampuh untuk menyiarkan acara pendidikan khalayak secara meluas dan serempak. Sebagian alokasi waktu siaran juga diisi oleh acara-acara hiburan bisa berupa musik maupun drama radio. Radio siaran juga merupakan sarana propaganda, bisa terlihat dengan banyaknya pemasang iklan yang memilih radio siaran sebagai sarana pemasangan iklannya.

Penyampaian pesan melalui radio siaran, berbeda dengan penyampaian pesan melalui media massa lainnya. Komunikator yang menyampaikan pesan kepada komunikan melalui radio siaran harus dapat mengkombinasikan unsur-unsur penting dalam meningkatkan efektivitas pada siaran radio, yaitu sound effect, musik, dan kata-kata sehingga dapat diterima dengan baik oleh komunikan yang bersifat heterogen aktif, dan selektif, agar komunikasi yang dilakukan oleh komunikator berjalan efektif dan efisien.
Kelebihan dan Kekurangan Radio :

Cepat dan langsung

Sarana tercepat, lebih cepat dari koran ataupun TV,  dalam menyampaikan informasi kepada public tanpa melalui proses yang rumit dan butuh waktu banyak seperti siaran TV atau sajian media cetak.hanya dengan melalui telefon,reporter radio dapat secara langsung menyampaikan berita atau melaporkan peristiwa yang ada dilapangan.

Akrab

Radio adalah alat yang akrab dengan pemiliknya.anda jarang sekali duduk dalam satu grup dalam mendengarkan radio; tetapi biasanya mendengarkannya sendirian, seperti di mobil, di dapur, di kamar tidur, dan sebagainya.

Dekat

Suara penyiar hadir dirumah atau didekat pendengar. Pembicaraannya langsung menyentuh aspek pribadi(interpersonal communications).

Hangat

Paduan kata-kata,musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar. Pendengar akan bereaksi atas kehangatan suara penyiar dan sering kali berfikir bahwa penyiar adalah seorang teman bagi mereka.

Sederhana

Tidak rumit,tidak banyak permik,baik bagi pengelola maupun pendengar.
Tanpa batas
Siaran radio menembus batas-batas  geografis,demografis,SARA(suku,agama,ras,antar golongan), dan kelas social.hanya”tunarungu” yang tak mampu mengkonsumsi atau menikmati siaran radio.

Murah

Dinbandingkan dengan berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, pesawat radio relatife jauh lebih murah. Pendengar pun tidak dipungut bayaran sepeser pun untuk mendengarkan radio.
Bisa mengulang
Radio memiliki kesementaraan alami(transient nature)sehingga berkemampuan mengulang informasi yang sudah disampaikan secara cepat.

Fleksibel

Siaran radio bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktivitas yang lain,seperti memasak,mengemudi,belajar,dan membaca Koran atau buku.

KELEMAHAN RADIO

Selintas

Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan.pendengar tidak bisa mengulang apa yang didengarnya,tidak bisa seperti pembaca Koran yang bisa mengulang bacaannya dari awal tulisan.

Global

Sajian informasi radio bersifat global, tidak detil. Karaenanya angka-angka pun dibulatkan.misalnya penyiar akan menyebutkan “seribu orang lebih”untuk angka 1053 orang.

Batasan waktu

Waktu siaran radio relatife terbatas,hanya 24 jam sehari, berbeda dengan surat kabar yang bisa menambah jumlah halaman dengan bebas. Waktu 24 jam sehari tidak bisa ditambah menjadi 25 jam atau lebih.

Beralur linier

Program disajikan dan dinikmati pendengar berdasarka urutan yang sudah ada, tidak bisa meloncat-loncat.dengan surat kabar,pembaca bisa langsung ke halaman tengah, akhir, atau langsung ke rubric yang ia sukai.

Mengandung gangguan

Seperti timbul tenggelam(fading)dan gangguan teknis”chanel noise factor”.
Dalam bahasa Inggris, penyiar disebut announcer (arti harfiyah: orang yang mengumumkan). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penyiar adalah orang yang menyiarkan atau penyeru pada radio.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH ..... SEMOGA BERMANFAAT ...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar